Memasarkan Internal Training

4 August 2009 at 10:31 PM 3 comments

Keberhasilan memasarkan internal training dalam perusahaan membutuhkan pengetahuan  mengenai training apa yang sedang dibutuhkan karyawan dan mencari sumberdaya yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Keberhasilan ‘menjual’ internal training dapat berarti ketika karyawan mengajukan kebutuhan training, department training dapat mendorong mereka untuk ‘membeli’ program training yang tersedia.

Faktor keberhasilan Pemasaran

  1. Ketahui Siapa customer (karyawan yang membutuhkan training) anda?
  2. Ketahui apa kebutuhan training mereka, dan bagaimana kaitannya dengan kebutuhan bisnis ?

Mengetahui siapa customer mereka, dapat membantu untuk mengantisipasi apa kebutuhan mereka. Adakan pertemuan dengan mereka dan ketahui masalah yang terjadi yang mendorong mereka merasa perlu mengajukan permintaan training. Kemudian lakukan identifikasi terhadap kebutuhan yang dikaitkan dengan kebutuhan bisnis.

Beberapa langkah berikut dapat dilakukan, untuk membagun ‘komunikasi pemasaran’ yang berkelanjutan.

  1. Lakukan pertemuan dengan manager terkait, diskusikan bagaimana departemen training dapat membantu mereka dalam mencapai sasaran bisnis, dan informasikan kepada mereka kontribusi dan kemampuan yang dapat diberikan oleh department training.
  2. Bangun jaringan dengan para manager, buat acara pertemuan informal, misalnya mengundang mereka makan siang
  3. Libatkan manager, minta saran mereka dan berikan brosur / informasi mengenai program training
  4. Buat program penghargaan untuk para manager yang telah mendukung program training dengan mengirimkan staf mereka mengikuti training (misalnya dengan berikan sertifikat penghargaan)

Selain itu, anda juga dapat membuat kegiatan pemasaran yang lebih teknis:

  • Tampilkan foto kegiatan training, testimony peserta training dan grapik summary evaluasi reaksi dalam media komunikasi perusahaan (papan pengumuman, tv display, majalah internal)
  • Buat ‘tampilan khusus’ untuk departemen training seperti membuat slogan, pernyataan misi atau logo dan publikasikan pada setiap kesempatan.
  • Buat warna khusus yang menjadi ciri khas dalam mengumumkan kegiatan training
  • Pergunakan lebih banyak gambar…
  • Berikan ‘layanan’ tambahan untuk perusahaan, seperti membantu mendesign bahan presentasi.
  • Monitor kehadiran peserta trainig dan laporkan kepada management

Menghindari Peserta Tidak Hadir dalam Training

Perencanaan dan persiapan yang tepat dapat menghindari sedikitnya jumlah peserta yang menghadiri kegiatan training. Lakukan persiapan sebelum pelaksanaan training:

1. Persiapan enam sampai delapan minggu sebelum training (terutama jika training dilakukan diluar kantor)

–       Pilih tanggal pelaksanaan program
–       Pilih lokasi training
–       Survey tempat training; luas ruangan, furniture, penerangan, AC/ventilasi
–       Kebutuhan transportasi
–       Fasilitas parkir
–       Pesan/booking ruangan, identifikasi setup ruangan
–       Pesan kebutuhan Audio Visual
–       Pesan kebutuhan coffe break, makan
–       Buat Pengumuman/Undangan Training

  • Informasikan benefit dan sasaran training
  • Cantumkan Subyek dan outline training
  • Cantumkan testimony dari peserta sebelumnya
  • Kirimkan surat dukungan/permintaan/pengesahan dari top menejemen

2.   Persiapan enam minggu sebelum pelaksanaan

–       Kirim Pengumuman/undangan ke peserta

–       Kirim Pengumuman/undangan ke atasan

–       Pasang pengumuman beserta cara pendaftaran di Web Perusahaan atau papan pengumuman

3.   Persiapan enam minggu sampai satu minggu sebelum pelaksanaan

–       Simpan daftar peserta beserta atasannya

–       Informasikan kepada peserta dan atasannya

  • Nama peserta yang mendaftar / confirm
  • Lokasi kelas (nama ruangan) tempat training
  • Tanggal dan waktu training

–       Catat dan simpan daftar peserta tambahan yang berminat ikut, tetapi tidak masuk dalam daftar yang diundang

–       Perbanyak Hand out

4.   Satu sampai dua hari sebelum Pelaksanaan

–       Telepon atau mail peserta untuk mengingatkan mereka mengenai training

–       Konfirmasi ulang persiapan fasilitas training seperti ruangan, makanan, minuman, breakfast, Audi/video

–       Persiapkan badge untuk trainer dan peserta, daftar hadir, form evaluasi, handout, informasi mengenai hotel

6.   Hari Pelaksanaan

–       Tiba lebih awal di tempat training untuk persiapan akhir

–       Periksa setup ruangan dan refreshment

–       Test semua peralatan

–       Rapikan kabel-kabel yang terpasang di peralatan (pasang isolasi)

–       Persiapkan handout, alat tulis menulis

–       Siapkan meja pendaftaran

6.   Setelah Training

–       Record daftar hadir

–       Kirimkan summary hasil evaluasi reaksi

–       Respon komentar negative dari peserta dengan menelepon atau menemui mereka

–       Kirimkan foto selama kegiatan training kepada semua peserta

–       Lakukan kunjungan kepada peserta/atasan sebagai tindak lanjut dari kegiatan training untuk mengetahui dampak positif training

–       Sesuaikan/koreksi design training jika diperlukan

Entry filed under: Human Resource Management. Tags: , , , , , , , .

Menggunakan Staf Professional Sebagi Internal Trainer MEMILIH PAKET TRAINING

3 Comments Add your own

  • 1. Ananda  |  5 August 2009 at 10:14 PM

    Pak Edwin, saya adalah event coordinator untuk perusahaan saya. Terima kasih untuk sharing info dan pengetahuannya, akan sangat berguna dan dapat saya terapkan dalam pekerjaan saya. Boleh saya bertanya dan meminta saran dari bapak? Saya baru menangani divisi ini, yang masih jadi kendala untuk saya adalah untuk mencari para peserta untuk training yang perusahaan kamilakukan, maaf perusahaan kami juga melakukan training untuk external. Apa ada saran untuk saya bagaimana cara yang mudah untuk mengirimkan undangan kepada para peserta external?

    Reply
    • 2. edwinhermawan  |  11 August 2009 at 4:18 AM

      Ada banyak cara untuk mencari peserta external training, intinya perusahaan dan program trainining yang ditawarkan harus di kenal oleh calon peserta, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah bekerjasama dengan perusahaan marketing training (misalnya dengan asprinet), selain itu bisa juga dilakukan dengan mengontak via telepon perusahaan2 yang menjadi target peserta training, ketahui kontak personnya dan simpan dalam database client, kemudian kirim mereka undangan training.

      Mudah-mudahan memberi inspirasi

      salam,

      Reply

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


August 2009
S M T W T F S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031